PPID Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Rumput Steno Pakan Hebat




Sebab,  cita rasanya lembut, batang agak lunak, pendek, dan tanpa berbulu. Kandungan protein kasar rumput steno lebih tinggi dari pada rumput alam lain. Hasil analisis menunjukan, protein kasar rumput steno pada umur panen 45 hari 11,81%. Adapun kandungan serat deterjen netral dan serat deterjen asam masing-masing  69,22% dan 35,15%. Kandungan nutrisi itu cukup untuk menyokong pertumbuhan ternak ruminansia.

Nilai nutrisi tanaman turun seiring pertambahan umur tanaman. Oleh karena itu, frekuensi pengembalaan maupun pemotongan harus dilakukan teratur. Kelebihan lain rumput steno tahan naungan. Pantas rumput steno manjadi pilihan jitu dalam pengembangan integrasi ternak dengan tanaman perkebunan. Pembangunan padang pengembalaan dapat dilakukan dengan menanam rumput steno di lahan kelapa, kelapa sawit, maupun karet.

Meski di bawah pelepah kelapa sawit, rumput steno tumbuh subur. Warna daunnya hijau menyegarkan mata. Tajuk sawit yang rimbun tak membuat rerumputan itu mengering. Tanaman anggota keluarga Poaceae itu justru tumbuh hebat. Lantaran tahan terhadap terhadap naungan, rumput steno menjadi pilihan bagi pekebun karet, kelapa, atau jeruk. Mereka bisa membudidayakan rumput di lahan bawah tegakan tanpa khawatair rumput merana.

Itu berbanding terbalik dengan pertumbuhan rumput steno di bawah naungan. Pada naungan 55% produktivitas tanaman mencapai 46,7 ton segar per hektare setiap tahun. Adapun pada naungan 75% produktivitas tanaman melambung hingga 53,7 tonsegar per hektare setiap tahun. Produksi rumput steno sangat rendah jika ditanam di lahan terbuka karena zat hujau daun rusak.

epat Tumbuh

Rumput steno yang ditanam pada lahan naungan juga mempunyai tingkat kecernaan lebih tinggi dibandingkan dengan rumput yang ditanam di lahan tanpa naungan. Meski demikian, steno juga memiliki kelemahan. Rumput steno jarang berbunga sehingga perbanyakan generative kurang menguntungkan. Perbanyakan terbaik menggunakan pols yakni bibit dari pencahan atau sobekan rumpun.

Tanaman pakan ternak merupakan komponen penting dalam manajemen usaha ternak ruminansia, termasuk kambing, ketersediaan pakan ternak dengan jumlah cukup dengan kualitas yang baik akan mendukung keberhasilan pengembangan ternak. Integrasi tanaman pakan ternak di lahan perkebunan sebagai upaya optimalisasi pemanfaatan lahan membutuhkan jenis tanaman yang toleran terhadap naungan untuk dapat tumbuh dengan baik. (Juniar Sirait, M.Si., peneliti madya di Loka Penelitian Kambing Potong).

https://peternakan.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-teknologi/48672-rumput-steno-pakan-hebat